Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan Sejarah

Visi

Berdasarkan mekanisme dan kegiatan ilmiah yang telah ditempuh, maka ditetapkan Visi  Program Studi Pendidikan Sejarah, adalah:

Menjadi program studi unggul dalam bidang pendidikan sejarah di wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur berdasarkan falsafah Tri Hita Karana pada Tahun 2028.

Misi

Misi Program Studi Pendidikan Sejarah adalah: Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Pendidikan Sejarah  dan berkontribusi pada daya saing bangsa.

Perumusan misi Program Studi Pendidikan Sejarah tersebut secara rinci dijabarkan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang bermartabat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, kompetitif berdaya saing tinggi, dan berkarakter.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang kompetitif dan inovatif dalam bidang pendidikan sejarah untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang kompetitif, inovatif dan akomodatif dalam bidang pendidikan sejarah.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak dalam lingkup nasional dan regional.

Tujuan

Bertolak dari visi dan misi tersebut di atas, tujuan Program Studi Pendidikan Sejarah adalah: Menghasilkan Sarjana Pendidikan Sejarah yang berkarakter dan berakhlak mulia berlandaskan falsafah Tri Hita Karana dengan kualifikasi:

  1. Menguasai teori-teori pendidikan dan pembelajaran sejarah dengan mengikuti perkembangan IPTEKS untuk mengatasi berbagai persoalan yang berhubungan dengan pendidikan sejarah.
  2. Menguasai aspek ilmu-ilmu pendidikan, teori dan fakta sejarah, serta merancang dan mengomunikasikan pengetahuan secara kontekstual.
  3. Memiliki keterampilan mengimplementasikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan sejarah, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.
  4. Memiliki kemampuan menjalin kerjasama dengan masyarakat, pemerintah, organisasi profesi dan organisasi nonpemerintah, dalam skala nasional maupun internasional untuk menghasilakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Visi

Menjadi program studi unggul dalam bidang pendidikan sejarah di wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur berdasarkan falsafah Tri Hita Karana pada Tahun 2028.

Misi

 Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Pendidikan Sejarah  dan berkontribusi pada daya saing bangsa.