Ikatan Alumni

Himpunan alumni Program Studi Pendidikan Sejarah merupakan bagian dari IKA lembaga. Namun demikian alumni Program Studi pendidikan Sejarah juga memiliki IKA Program Studi Pendidikan Sejarah dengan yang disahkan Surat  Keputusan Dekan FHIS Nomor:08/ UN48.8/ KM/2016.

Struktur organisasi Ikatan Keluarga Alumni Sejarah (IKA Sejarah) adalah:

Ketua Umum  :  Dr. Drs. I Gusti Made Aryana, M.Hum.

Ketua Harian   :  Kadek Yudhi Artawan, S.Pd.

Sekretaris        :  I Wayan Putra Yasa, S.Pd.,M.Pd.

Bendahara      :  Anis Wahyuningsih, S.Pd.

Koordinator Wilayah:

  1. Nyoman Nilon (Koordinator Kab. Buleleng)
  2. Ida Bagus Muliadnyana (Koordinator Kab.Karangasem)
  3. Nimang Sumartiningsih (Koordinator Kab.Bangli)
  4. I Made Alontara (Koordinator Kab. Klungkung)
  5. I Wayan Suarsa Darmana (Koordinator Kab.Gianyar)
  6. I Putu Yunara Arta (Koordinator Kab.Tabanan)
  7. I Putu Adi Sanjaya (Koordinator Kab. Badung)
  8. I Putu Raka Kusnurdita (Koordinator Denpasar)
  9. I Putu Eka Gangga (Koordinator Kab. Jembrana)
  10. Iqbal Risky (Koordinator Wilayah NTB, NTT)
  11. Dahlia Soetopo (Koordinator Wilayah Jawa)

Anggota           :  Seluruh Alumni Pendidikan Sejarah-Sosiologi FKG Unud, FKIP UNUD, STKIP Singaraja,  IKIP Singaraja, Universitas Pendidikan Ganesha.

Peran serta ALUMNI dalam kegiatan yang dilaksanakan Program Studi pendidikan Sejarah seperti yang terlihat dalam tabel berikut.

 

Beberapa agenda kegiatan Alumni yang dilaksanakan dalam pertemuan itu antara lain seminar nasional, diskusi evaluasi terhadap kurikulum dan perkembangan kebutuhan sekolah.  Bentuk kegiatan lainnya adalah memberikan informasi lowongan kerja kepada alumni yang belum bekerja sehingga bisa mempermudah adik-adik kelasnya mendapatkan pekerjaan. Selain itu dengan kedatangan alumni yang sudah berhasil mencapai cita-citanya bisa menginspirasi dan memotivasi adik-adik kelasnya untuk meningkatkan kualitas dirinya agar bisa bersaing dalam dunia kerja dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

3.4.1 Bentuk Partisipasi Alumni dalam Kegiatan Akademik

No Jenis Partisipasi Tahun Pelaksanaan Kegiatan
1 Sumbangan dana

 

2015,

2016,

2017

Sumbangan Dana dalam bidang akademik yang dilakukan oleh alumni dimulai dari mahasiswa ketika akan lulus mereka wajib menyumbang dana untuk pembelian buku masing-masing mahasiswa sejumlah Rp. 70.000,- yang disetorkan ke Program Studi melalui bendahara Program Studi. Selain itu bentuk partisipasi dalam bidang dana dilakukan dengan membayar uang pendaftaran untuk kegiatan seminar yang diadakan oleh Program Studi seperti yang dilaksanakan pada Seminar Nasional tahun 2017 yang narasumbernya ada Dr. Asvi Warman Adam sejumlah Rp. 50.000,-. Dana-dana tersebut digunakan untuk memenuhi berbagai fasilitas yang berkaitan dengan akademik seperti buku, media pembelajaran, dan berbagai alat penunjang kegiatan akademik lainnya.
2 Sumbangan fasilitas,

 

2015,2016,2017 Membantu memberikan sumbangan berbagai media dan sumber belajar seperti buku, Film Sejarah, dan printer. Tujuannya tentunya untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran sejarah sehingga bisa meningkatkan kualitas lulusan.
3 Keterlibatan dalam kegiatan, pengembangan jejaring,

 

2015,2016,2017 Program Studi dan Alumni bersinergi dalam pengembangan materi Pembelajran sejarah melalui Kegiatan Seminar yang dilaksanakan oleh MGMP Sejarah bekerjasama dengan IKA Pendidikan Sejarah. Selain itu IKA juga bisa Mengikuti Kegiatan Bedah Buku Dan Kuliah Umum Yang Dilakukan Oleh Program Studi Pendidikan Sejarah. Alumni berpartisipasi dan ikut menghadiri kegiatan tersebut, sehingga bisa memperluas wawasan sesuai dengan perkembangan keilmuan terkini.

 

Mengirim perwakilan siswa dari sekolahnya untuk mengikuti kegiatan lomba-lomba yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah. Lomba yang dilaksanakan Program Studi bersama HMJ diantaranya LCTK (Lomba Cerdas Tangkas Kesejarahan) dan LKTI Kesejarahan yang mengundang siswa-siswa SMA di Bali, NTB dan Jawa Timur.

4 Penyediaan Fasilitas. 2015,2016,2017 Menyediaka tempat untuk pelaksanaan kegiatan P2M yang dilaksankan oleh Program Studi pendidikan Sejarah, sehingga kegiatan berjalan dengan lancar. Selain itu Guru juga bisa mengikuti pelaksanaan workshop dan pelatihan dalam pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah. Alumni di undang mengikuti pengabdian kepada masyarakat yang dilaksankan di SMK N 2 Tejakula di bawah koordinasi Alumni I Kadek Yudi Astawan, S.Pd.

 

3.4.2 Bentuk Partisipasi Alumni dalam Kegiatan Nonakademik

No. Jenis Partisipasi Tahun Pelaksanaan Kegiatan
1 Sumbangan dana,

 

2015,2016,2017 Menyumbangkan dana untuk kegiatan peduli Gunung Agung yang dilaksanakan secara bersamaan dengan BEM FHIS. Dalam kegiatan ini beberapa alumni ikut berpartisipasi dengan menyisihkan dana secara sukarela kepada HMJ Pendidikan Sejarah yang disalurkan kepada pengungsi gunung agung.

 

2 Sumbangan Fasilitas 2016, 2017 Peran serta alumni dalam pengembangan nonakademik antara lain dengan membantu menghias taman sejarah mini dengan menyumbangkan beberapa tanaman untuk menghias taman tersebut sehingga terlihat indah dan menarik. Selain itu juga alumni menyumbangkan papan nama Taman Sejarah Mini.

 

3 Keterlibatan dalam kegiatan

 

2015,2016,2017 Mengikuti Kegitan Clio Funday yaitu olahraga yang mengundang alumni salah satunya adalah kegiatan futsal yang dilakukan antara mahasiswa, dosen dan alumni. Acara tersebut rutin pada bulan april atau mei setiap tahunnya biasanya menyewa tempat atau dilaksanakan di GOR Buana Patra.

Alumni hadir dan ikut berpartisipasi dalam Kegiatan Malam Kebersamaan Sejarah salah satunya dengan mengisi acara yaitu menyumbang Band untuk tampil mengikuti kegiatan dimaksud.

Mengikuti kegiatan Clio Anjang Sana yaitu kegiatan Pengenalan Mahasiswa Baru dengan mahasiswa lama, dosen, pengenalan lingkungan akademik dan hal lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan persaudaraan dan kekeluargaan diantara Program Studi dan alumni.

 

3 Pengembangan jejaring, 2016,2017 Menyebarkan berbagai informasi yang berkaitan dengan kegiatan Program Studi pendidikan Sejarah dan juga menginformasikan peluang kerja yang ada, sehingga alumni dan Program Studi bisa bersinergi untuk saling  membantu mengembangkan Program Studi di bidang non akademik.
4

 

Penyediaan fasilitas. 2015,2016,2017 Alumni memfasilitasi kegiatan Program Studi bidang nonakademik misalnya alumni yang menyediakan tempat untuk istirahat ketika penelitian ke lapangan seperti yang dilakukan oleh I Wayan Arpawan di Desa Bayung Gede, I Wayan Ariawan di Sidatapa.  Mereka memberikan fasilitas dan membantu dalam mengembangkan soft skill misalnya kegiatan outbond dll.

Visi

Menjadi program studi unggul dalam bidang pendidikan sejarah di wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur berdasarkan falsafah Tri Hita Karana pada Tahun 2028.

Misi

 Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Pendidikan Sejarah  dan berkontribusi pada daya saing bangsa.