Visi :

Menjadi program studi unggul dalam bidang pendidikan sejarah di wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur berdasarkan falsafah Tri Hita Karana pada Tahun 2028.

Misi

  1. Misi Program Studi Pendidikan Sejarah adalah: Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Pendidikan Sejarah dan berkontribusi pada daya saing bangsa. Perumusan misi Program Studi Pendidikan Sejarah tersebut secara rinci dijabarkan sebagai berikut: (1) Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang bermartabat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, kompetitif berdaya saing tinggi, dan berkarakter. (2) Menyelenggarakan penelitian yang kompetitif dan inovatif dalam bidang pendidikan sejarah untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. (3) Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang kompetitif, inovatif dan akomodatif dalam bidang pendidikan sejarah. (4) Menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak dalam lingkup nasional dan regional.

Tujuan

  1. Bertolak dari visi dan misi tersebut di atas, tujuan Program Studi Pendidikan Sejarah adalah: Menghasilkan Sarjana Pendidikan Sejarah yang berkarakter dan berakhlak mulia berlandaskan falsafah Tri Hita Karana dengan kualifikasi: (1) Menguasai teori-teori pendidikan dan pembelajaran sejarah dengan mengikuti perkembangan IPTEKS untuk mengatasi berbagai persoalan yang berhubungan dengan pendidikan sejarah. (2) Menguasai aspek ilmu-ilmu pendidikan, teori dan fakta sejarah, serta merancang dan mengomunikasikan pengetahuan secara kontekstual. (3) Memiliki keterampilan mengimplementasikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan sejarah, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera. (4) Memiliki kemampuan menjalin kerjasama dengan masyarakat, pemerintah, organisasi profesi dan organisasi nonpemerintah, dalam skala nasional maupun internasional untuk menghasilakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Profil Lulusan

  1. Pendidik (Guru) Sejarah Jenjang Sekolah Menengah
    Pendidik yang profesional, memiliki kemampuan pedagogik dan keilmuan bidang studi sejarah yang tinggi serta mampu mengelola pembelajan secara kreatif, inspiratif, inovatif, memotivasi, menantang dan menyenangkan.
  2. Peneliti Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Sejarah
    Peneliti Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Sejarah yang mampu melakukan riset tingkat pemula dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah.
  3. Pramuwisata Sejarah dan Budaya
    Pramuwisata di bidang pariwisata sejarah dan budaya yang menguasai konsep dasar teoritik bidang sejarah, kebudayaan, kepariwisataan secara mendalam, memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam bidang tersebut, dan mampu mengomunikasikan secara lisan maupun tertulis serta mampu membangun hubungan interpersonal yang produktif.